Minggu, 13 Maret 2011

Profile Sekolah


MI. HIDAYATUL ATHFAL adalah satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal jenjang pendidikan dasar Islam, dibawah naungan Yayasan Hidayatul Athfal. Sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat (Society Based Education), memiliki kekhasan keagamaan yaitu pendidikan dasar terpadu bernuansa Islam. Kehadiran MI. HIDAYATUL ATHFAL menjadikannya sebagai pendidikan alternatif yang diharapkan dapat menjawab tantangan kebutuhan SDM masa depan yang beriman berwawasan dan berbudaya.

Untuk dapat mewujudkan idealisme dalam bidang pendidikan dengan konsep penciptaan SDM yang unggul, diperlukan suatu strategi manajerial integral dan komprehensif, terutama dalam pemberdayaan sumber daya pendidikan yang harus disesuaikan dengan semangat otonomi daerah. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat lembaga pendidikan tidak hanya memperhatikan masalah input dan output tercapai harus pula berorientasi pada outcome pendidikannya. Keberhasilan suatu kegiatan secara manajerial dapat dicapai apabila didukung oleh pengimplementasian fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian secara terpadu dan berkesinambungan.

Keberhasilan suatu kegiatan sangat ditentukan oleh kematangan perencanaan yang tertuang dalam suatu program kerja. Program kerja ini disusun selain sebagai pedoman pengelolaan dan pelaksanaan kerja bagi kepala SD, yang sekaligus juga merupakan alat kontrol kegiatan sebagai wujud akuntabilitas yang sistematik dan transparan. Dengan demikian penyusunan program kerja ini, diharapkan akan dapat membantu kepala SD selaku administrator sekolah dalam mengelola dan mengarahkan kegiatan pendidikan di lingkungan kerjanya dengan baik.

0 komentar: